Beautiful Things

Haaai, Balik lagi nih gue. Kali ini gue mau ngejelasin tentang Barang-barang yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Yang pertama gue mau ngejelasin tentang Kabel UTP.

UTP adalah kepanjangan dari “Unshielded Twisted Pair”. Dinamakan unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Disalah satu ujungnya, dipasang konektor RJ 45 untuk menghubungkan kabel dengan port LANKategori Kabel UTP
Kabel UTP sebenarnya terdapat 7 kategori. Akan tetapi yang biasa digunakan untukLAN ialah kategori 5 atau yang biasa disebut cat-5. Berikut ini ialah kegunaan dari kabel kategori 1-7 :

kategori 1: sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) telephone dan ISDN.
kategori 2: dipakai untuk token ring network dengan bw 4mbps
kategori 3: dipakai untuk data network dengan frequensi up to 16Mhz dan lebih populer untuk pemakaian 10mbps.
kategori 4: Frequensi up to 20Mhz dan sering dipakai untuk 16mbps token ring network.
kategori 5: Frequensi up to 100Mhz dan biasa dipakai untuk network dengan
kecepatan 100Mbps tetap kemungkinan tidak cocok untuk gigabyte ethernet network.
kategori 5e: Frequensi dan kecepatan sama dengan cat-5 tetapi lebih support gigabyte ethernet network.
kategori 6: Memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan cat-5e
kategori 6a: Kabel masa depan untuk kecepatan up to 10Gbps
kategori 7: di design untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz.
Dalam membangun sebuah jaringan, langkah awal yang dilakukan adalah memilih konfigurasi kabel yang tepat. Terdapat 2 konfigurasi kabel yaitu tipe Straight dan tipe Cross. Tipe straight digunakan untuk menghubungkan komputer jaringan yang memakai hub/switch atau client ke hub. Sedangkan tipe cross digunakan untuk menghubungkan komputer jaringan yang tanpa memakai hub/switch atau client ke client.

Berikut ini adalah gambarnya

1. Kabel UTP

2. Kabel UTP pemasangan tipe Straight

Ujung Kabel A                                       Ujung Kabel B
   1. Putih Orange                              1. Putih Orange
2. Orange                                       2. Orange
3. Putih Hijau                                  3. Putih Hijau
4. Biru                                             4. Biru
5. Putih Biru                                    5. Putih Biru
6. Hijau                                           6. Hijau
7. Putih Coklat                                7. Putih Coklat
8. Coklat                                         8. Coklat

 

3. Kabel UTP pemasangan tipe Cross

Ujung Kabel A                                       Ujung Kabel B
1. Putih Orange                              1. Putih Hijau
2. Orange                                       2. Hijau
3. Putih Hijau                                  3. Putih Orange
4. Biru                                             4. Biru
5. Putih Biru                                    5. Putih Biru
6. Hijau                                           6. Orange
7. Putih Coklat                                7. Putih Coklat
8. Coklat                                         8. Coklat

4. Konektor RJ-45

Selanjutnya, gue mau ngejelasin tentang Hub. Hub adalah alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.

Ini adalah gambar Hub

Selanjutnya gue mau ngejelasin tentang LAN Card/ Ethernet Card. LAN Card/ Ethernet Card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Fungsi LAN Card atau Ethernet Card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antarkomputer di perlukan setting-tertentu.

Ini adalah gambar LAN Card

Selanjutnya gue mau ngejelasin tentang router. Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Ini adalah gambar router

Selanjutnya gue mau jelasin tentang Modem.

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Ini dia gambar modemnyaaa

1. Modem Eksternal

2. Modem Internal

Selanjutnya gue mau jelasin tentang Switch. Switch adalah Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LAN.

Ini adalah gambar Switch

Okeeey, sekian aja nih dari gue. Mungkin lo semua udah pada bosen denger gue dari tadi udah bawel banget. Jangan lupa comment and Stay Tune, guyss!!!!! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: